Kecaman Vladimir Putir Terhadap Penahanan Pendiri WikiLeaks

Bookmark and Share




Di tengah tekanan Pemerintah Amerika Serikat, dukungan terhadap pendiri WikiLeaks Julian Assange (39) malah terus mengalir. Kali ini Perdana Menteri Rusia Vladimir Putin mengecam penahanan Assange oleh polisi Inggris.



Tindakan polisi Inggris yang menahan Assange dinilai sebagai upaya yang melanggar prinsip-prinsip demokratis. "Mengapa Assange harus disembunyikan di penjara? Apakah itu demokrasi? Seperti (kiasan) yang kita katakan di desa ini, sebuah pot memanggil ketel berwarna hitam," kata Putin seperti dikutip dari AFP, Sabtu (11/12/2010).

Ungkapan itu Putin sampaikan untuk menyindir Inggris dan Amerika yang terkesan sangat bernafsu ingin 'membungkam' Assange. "Saya ingin mengirim umpan balik ke kolega kami Amerika," tambah Putin.

Meskipun melakukan pembelaan terhadap Assange, Putin tetap tak bisa menutup malu akibat bocornya kabel diplomatik yang dikeluarkan WikiLeaks. Menteri Luar Negeri AS Hillary Clinton menyebut Putin sebagai 'Dalang di balik layar' yang tidak puas dengan perannya.

Assange akan muncul di pengadilan London untuk kedua kalinya pada Selasa, 14 Desember mendatang. Pria berumur 39 tahun itu ditahan di London menyusul perintah penangkapan yang dikeluarkan Swedia. Assange ditahan terkait tuduhan pemerkosaan dan pelecehan seksual terhadap dua wanita Swedia.

Assange membantah tuduhan-tuduhan tersebut. Menurutnya, tuduhan-tuduhan itu bermotif politik sebab situs WikiLeaks telah menimbulkan kemarahan pemerintah AS dengan merilis ribuan kabel diplomatik rahasia AS.

Ibunda Assange, Christine Assange mengkhawatirkan putranya itu karena adanya "kekuatan masiv" yang diatur terhadapnya. "Kekuatan masiv ini telah memutuskan bahwa mereka akan menghentikan dia dan mereka tak akan bertindak sesuai aturan," tutur Christine.

Christine juga menegaskan bahwa putranya tak mungkin memperkosa. "Julian, memperkosa?... Tak mungkin. Julian tak akan memperkosa," tegasnya.


Sumber : http://www.detiknews.com/read/2010/12/12/001248/1522529/10/vladimir-putin-kecam-penahanan-pendiri-wikileaks?9911032

{ 0 komentar... Views All / Send Comment! }

Posting Komentar

Jangan Lupa Coment dan Kritikannya Demi Kemajuan Blog Ini, "Kami Mohon Jangan SPAM ya" Happy Blogging