Menggunakan Listrik untuk Menghasilkan Listrik

Bookmark and Share
Lumayan lama tidak posting akhirnya saya dapat juga melakukan postingan walaupun tidak berbobot saya berharap postingan ini  ada manfaatnya. Karena ada sedikit kesibukan jadi terlambat postingannya. Kali ini saya akan mencoba post tentang Penghasil Energi Listrik Alternatif

Energi yang sering kita pakai sehari-hari semakin lama semakin berkurang atau menipis. Karena banyaknya pemakaian yang tidak terkontrol sehingga menimbulkan kelangkaan atau bahkan habis sama sekali. Untuk itu sekarang perlu dipikirkan adanya energi alternative untuk pengganti dari energi yang biasanya sering dipakai . Dibawah ini adalah berbagai sumber energi alternatif yang dapat kita manfaatkan, selain akan membantu udara untuk jadi bersih, penghematan juga akan dapat dilakukan.

Angin. Tenaga kinetik angin sekarang sudah mulai banyak dipergunakan sebagai pemutar angin dengan menggunakan turbin angin baik untuk rumah maupun untuk keperluan bisnis. Satu turbin angin dapat berharga dua setengah milyar rupiah sampai dengan 10 milyar rupiah, tergantung dari ukurannya. Tapi satu turbin saja dapat menghidupi sampai dengan tiga puluh rumah, tapi karena angin tidak selalu bertiup, tenaga cadangan harus selalu tetap tersedia, misalnya dari PLN.

Matahari. Negara kita yang kaya matahari tampaknya sangat cocok menggunakan sumber daya ini. Coba gunakan atap yang terbuat dari sistem tenaga surya yang disebut sel fotovoltaik. Harganya memang tidak murah, untuk atap ukuran standar dapat mencapai 200 juta rupiah. Tapi sistem ini sangat mengurangi tagihan listrik pemilik rumah, apalagi dengan sistem tagihan PLN yang ada sekarang.

Nuklir. Dengan bahan bakar uranium, logam yang ditemukan di bebatuan, dan diproses di reaktor nuklir, energi panas yang ada akan digunakan sebagai bahan untuk memutar turbin yang ada. Sumber energi ini tidak melepaskan emisi gas rumah kaca dan tidak malah. 20% sumber listrik di Amerika sudah berbahan bakar nuklir.

Dari sumber energi yang saya sebutkan diatas masih terdapat berbagai kendala untuk diterapkan di Indonesia disamping membutuhkan biaya yang mahal juga disebabkan oleh faktor alam. Dan dari sini saya akan mencoba memberi sedikit masukan dengan cara orang bodoh....ehmm. Pernah kita berfikir bahwa kipas angin yang kita gunakan bisa menghasilkan energi listrik...?. Apabila kipas angin dikasih generator seperti pembangkit listrik tentu kipas angin akan bisa menjadi salah satu penghasil energi dengan kata lain memakai energi listrik untuk menghasilkan energi listrik kembali (penghematan).

Kipas angin merupakan dalam skala kecil, dan apabila diterapkan dalam skala besar tentu bisa menggerakkan generator untuk pembangkit listrik seperti pembangkit listrik tenaga angin. Dan mungkin bisa juga untuk memutar beberapa generator dengan menggunakan listrik yang tidak begitu besar. yaitu dengan menerapkan sistem siklus... mungkin sistem ini bisa diterapkan dalam kasus ini, begini.caerinya.. jika sudah ada satu generator yang diputar dengan menggunakan energi listrik tentu generator ini bisa digunakan untuk menggerakkan generator yang lain jadi tidak akan membutuhkan energi listrik yang terlalu banyak. Dan apabila cara ini bisa diterapkan maka akan bisa melakukan penghematan energi listrik.

Mohon maaf kalau ada kata-kata yang kurang paham silakan komeng ya...salam blogger

{ 21 komentar... Views All / Send Comment! }

tomo mengatakan...

loh jika menggunakan listrik untuk menghasilkan listrik tentulah hasil listrik yang akan dihasilkan haruslah lebih besar.

kalau tidak lebih besar kan rugi kawand yo

Pernak - Pernik mengatakan...

hehehe maaf bikin bingung, begini mas...
untuk menghasilkan daya keluaran yang besar dipengaruhi oleh jari2 dari turbin dan kecepatan turbin. jadi kta mengatur itu sehingga didapatkan hasil yang maksimal. begitu maksudnya mas...

Teras Info mengatakan...

wah menggunakan listrik untuk menghasilkan listrik ya....he..he..he....kretif tuh....
Tapi jujur aja saya masih agak bingung ni...he..he..he..

Pernak - Pernik mengatakan...

hehehe.... bingung ya mas.. maaf ya penjelasan nya kurang lengkap. Begini mas, jika ingin menghasilkan daya keluaran yang besar dari daya masukan maka perlu untuk mengatur jari2 dan kecepatan putar dari kipas tersbut, ini sangat perlu penelitian sebenarnya sehingga kita dapat menemukan berapa besar dari jari2 dan berapa kecepatan putarannya maksimal untuk mendapatkan daya yang besar.

Citu mengatakan...

I Love your blog. Good work. Tank for you visit, nice wekeend. Saludos desde ecuador

vini vidi vucinic mengatakan...

Ide yg bagus kawan & perlu segera diaplikasikan.

cemonk mengatakan...

postingan yang bener-bener bermanfaat kk..
makasi ya...

Tebinfea mengatakan...

Hello and thank you my friend.
Wonderful week and Happy Mondays.
Teb.

Pernak - Pernik mengatakan...

makaseh kawan supportnya.... untuk suksesnya sangat diperlukan penelitian..semoga ide ini ada yg mau di angkat menjadi penelitiannya.

Lulu mengatakan...

wah ide yang bagus!!

mudah2an bisa terrelisasi dengan cepat =)

seperti daur ulang yaa

salam kenal =)

the diary mengatakan...

klo org nya udh py kekuatan listrik spt org2 yg bisa menyembuhkan melalui kekuatan tubuhnya yg mengandung listrik gmn tuh?

harto mengatakan...

sangat kreatif dan sangat perlu direalisasikan untuk kesejahteraan bangsa ini

Pernak - Pernik mengatakan...

Makaseh sob... n semoga ada yang mau mengrealisasikannya, sedangkan dengan airbisa menghasilkan daya yang besar itu pun ada kekurangan nya yaitu ketika musim kemarau, kalau sumbernya listrik dibilang tidak ada kekurangannya benar gak ya...??

harto mengatakan...

@ All rekan-rekan para sahabat blogger, para pengunjung serta para komentator semuanya >>>> mohon doa kesembuhan untuk rekan kita, sahabat kita Bapak Ipin pemilik blog (perawatan-ac) atas musibah kecelakaan (kesrempet mobil truk pasir) pada hari ini 5 okt 2010. alhamdulillah masih diberikan keselamatan oleh Allah SWT (hanya luka-luka ringan) terima kasih.

ASALULLOOHAL 'AZHIIMA ROBBAL 'ARSYIL 'AZHIIMI AYYASFIIK (3X), Artinya :“Aku memohon kepada Allah yang Maha Besar, aku memohon kepada Allah yang Maha Besar, Tuhan 'Arsyi yang Maha Agung, mudah-mudahan Dia memberikan kesembuhan kepadamu (3X)”

Pernak - Pernik mengatakan...

Kami admin ikut prihatin dan berdoa untuk kesembuhan sahabat blogger Bpk. Ipin semoga diberi kesembuhan dan keselamatan oleh Allah SWT,amin

suryadewa mengatakan...

mantebs postinganya dan membingungkan hehehe

Pernak - Pernik mengatakan...

hahahaha...sob ada2 aj....bingung ya sob, aq jg bingung cara nyampaian gmn biar mudah di mengerti. Tapi lumayan sob masih ada yg ngerti maksud postnya.hehehehe.... intinya gini sob, daya keluaran maksimal tergantung sama jari2 dan kecepatan turbin. Sob tau kan setiap hal pasti ada titik puncaknya, contohnya melakukan hubungan suami istri....ehmmm sedikit melenceng, nah begitu juga dengan keadaan ini sob ada titik puncaknya. Nah sekarang kita cuma mencari titik ideal dari jari2 dan kecepatan turbin tersebut. Kalau mengenai pengaturan kecepatannya, sob pernah idupin kipas anginkan d sn ada pengaturan kecepatannya.

educat mengatakan...

wah ide bagus tuh,

tv mengatakan...

ide bagus sob...
tapi kalau dilihat dari hukum kekekalan energi kayaknya rugi deh, karena:
energi keluaran=energi masukan-rugi2
jadi energi keluaran pasti lebih kecil dibanding energi masukan...

Pernak - Pernik mengatakan...

hehehe... salah kyk na mas... kalau hukum kekekalan bukan begitu bunyinya : " energi tidak dapat diciptakan dan tidak dapat dimusnahkan" lebih dikenal dengan E = m c2. Maaf ya mungkin aku yang salah...:)

Anonim mengatakan...

kalo bisa gitu pln gak perlu gan, cukup beli batere aja untuk mutar kipas dan mutar lagi, tp apa yang terjadi?... lama 2 baterenya eo'

Posting Komentar

Jangan Lupa Coment dan Kritikannya Demi Kemajuan Blog Ini, "Kami Mohon Jangan SPAM ya" Happy Blogging