8 P yang Bikin Pelanggan Setia

Bookmark and Share
Pelanggan adalah raja, Maka dari itu, ada baiknya para pebisnis mengetahui apa yang penting dan diinginkan oleh para pelanggan. Berikut paparan Cyltamia Irawan, penulis buku Secangkir Kopi untuk Sahabat Customer dan CEO lembaga konsultan Lentera mengenal 8 hal yang diinginkan pelanggan :


Jika produk Anda sama saja dengan produk yang sudah ada dan tidak ada keistimewaan, orang sulit untuk mengenal Anda atau pindah dari tempat sebelumnya.

2. Price

Ketahuilah, pelanggan pasti akan mencari harga yang murah jika pelayanan, kualitas, dan produk yang ditawarkan sama saja. " Perbedaan harga itu penting. Jika Anda menjual produk seharga Rp. 10.000 dan pesaing menjual dengan harga Rp. 9.999, pasti akan berpengaruh.

3. Place

Dimana dan channel apa yang digunakan ? Lokasi strategis  dan kemudian akses akan menjadi hal penting untuk menyenangkan bagi pelanggan.


Ketahui apa yang kira-kira akan membuat pelanggan bergairah untuk membeli barang Anda ? Promosi akan menjadi hal yang menyenangkan bagi pelanggan.

5. Process

Seperti apa pelayanan Anda ? Misal, jika Anda memiliki salon yang menyediakan pelayanan creambath yang urutan umumnya sudah jelas, tentu pelanggan yang datang ke tempat Anda juga mengharapkan proses pelayanan yang jelas dan memuaskan. Pelanggan pasti kesal jika ternyata urutannya berantakan dan bikin pusing.

6. People

Bayangkan diri Anda sebagai pelanggan sebuah salon. Tidakkah Anda akan mengharap bahwa orang yang mengurus Anda adalah orang yang kompeten, mengetahui apa yang dilakukannya, ramah dan mengutamakan kenyamanan Anda. Sama seperti itu pula pelanggan lain mengharapkan pelayanan yang akan ia dapatkan.

7. Pace

Siapa yang mau menunggu lama untuk dilayani ? Penuhi kebutuhan pelanggan dalam waktu yang singkat.

8. Proof

" Pelanggan adalah iklan yang berjalan ! " Coba ingat-ingat, jika Anda pernah mengalami sebuah pelayanan atau produk yang menyenangkan dan baik, tidakkah Anda akan merekomendasikan kepada orang lain ? Saat mereka terpuaskan, niscaya ia akan membawa orang lain ke tempat itu.

{ 0 komentar... Views All / Send Comment! }

Posting Komentar

Jangan Lupa Coment dan Kritikannya Demi Kemajuan Blog Ini, "Kami Mohon Jangan SPAM ya" Happy Blogging