Kera dan Ayam

Bookmark and Share
Semakin hari ke hari cerita rakyat sudah mulai dilupain oleh masyarakat Indonesia, pernah kita menyadari bahwa cerita rakyat merupakan salah satu aset yang berharga kebudayaan Indonesia untuk itu saya akan mencoba untuk menampilkan beberapa cerita rakyat yang ada di berbagai Nusantara dan semoga dapat bermanfaat untuk kita semua (Cerita1)....


Pada jaman dahulu, tersebutlah seekor ayam yang bersahabat dengan seekor kera. Namun persahabatan itu tidak berlangsung lama, karena kelakuan si kera. Pada suatu petang Si Kera mengajak si ayam untuk berjalan-jalan. Ketika hari sudah petang si Kera mulai merasa lapar. Kemudian ia menangkap si Ayam dan mulai mencabuti bulunya. Si Ayam meronta-ronta dengan sekuat tenaga. Akhirnya, ia dapat meloloskan diri.
Ia lari sekuat tenaga. Untunglah tidak jauh dari tempat itu adalah tempat kediaman si Kepiting. Si Kepiting adalah teman sejati darinya. Dengan tergopoh-gopoh ia masuk ke dalam lubang kediaman si Kepiting. Disana ia disambut dengan gembira. Lalu Si Kepiting menceritakan semua kejadian yang dialaminya, termasuk penghianatan si Kera.

Mendengar hal itu akhirnya si Kepiting tidak bisa menerima perlakuan si Kera. Ia berkata, "marilah kita beri pelajaran kera yang tahu arti persahabatan itu." Lalu ia menyusun siasat untuk memperdayai si Kera. Mereka akhirnya bersepakat akan mengundang si Kera untuk pergi berlayar ke pulau seberang yang penuh dengan buah-buahan. Tetapi perahu yang akan mereka pakai adalah perahu buatan sendiri dari tanah liat.

Kemudian si Ayam mengundang si Kera untuk berlayar ke pulau seberang. Dengan rakusnya si Kera segera menyetujui ajakan itu. Beberapa hari berselang, mulailah perjalanan mereka. Ketika perahu sampai ditengah laut, mereka lalu berpantun. Si Ayam berkokok "Aku lubangi ho!!!" Si Kepiting menjawab "Tunggu sampai dalam sekali!!"

Setiap kali berkata begitu maka si ayam mencotok-cotok perahu itu. Akhirnya perahu mereka itu pun bocor dan tenggelam. Si Kepiting dengan tangkasnya menyelam ke dasar laut. Si Ayam dengan mudahnya terbang ke darat. Tinggallah Si Kera yang meronta-ronta minta tolong. Karena tidak bisa berenang akhirnya ia pun mati tenggelam.

{ 8 komentar... Views All / Send Comment! }

Kerajaan Air Mata mengatakan...

luarbiasa idenya sob, di tunggu

Pernak - Pernik mengatakan...

makaseh sob

Penghuni 60 mengatakan...

ayamnya bs terbang ya sob???
hmmm... baru tau

Science Box mengatakan...

itulah akibatnya kalo jd pengkhianat...
crita yg unik sob

suryadewa mengatakan...

mantep ceritanya sob ... tp aneh juga ya jaman dolo ...

Haykalargha mengatakan...

ambil bantal, siap tidur.
hehe.
mengingatkan saya kecil dulu mas.
kapan-kapan main juga ya ke blog ku.

pushtop mengatakan...

kalau di film kan kayaknya asyik juga ya...cerita rakyat seperti ini...namun sayang belum ada kayak nya....salam sahabat

lina@women's perspectives mengatakan...

Makanya jangan berkhianat ke teman sendiri :)

Posting Komentar

Jangan Lupa Coment dan Kritikannya Demi Kemajuan Blog Ini, "Kami Mohon Jangan SPAM ya" Happy Blogging