Manggis Anti Oksidan Asli Indonesia

Bookmark and Share

Jika durian kerap di sebut sebagai " King of fruits ", maka gelar " Queen of fruits " di pegang oleh manggis. Anehnya, manggis kalah tenar dibandingkan mangga, durian, atau buah-buahan musiman lainnya. Pasti ada sebab kenapa manggis " Ratu buah ". Buah yang tumbuh di daerah beriklim subtropis ini kaya akan xanthoe, salah satu jenis antioksidan yang paling " super ". Bahkan, manggis memiliki lebih dari 40 jenis xanthone.

Kandungan xanthone ini paling banyak ditemukan pada kulit manggis yang keras. Seperti yang kita tahu, antioksidan berfungsi untuk melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan yang diakibatkan oleh radikal bebas. Selain mengandung antioksidan yang dipercaya mampu memperlambat proses penuaan, manggis juga menyimpan sejumlah nutrisi lainnya, seperti serat, potasium, kalsium, vitamin B1, Vitamin B2, zat besi, vitamin C, dan vitamin B6. Dengan berbagai kandungan gizi itu, mengkonsumsi manggis secara teratur bisa membantu kita mengatasi berbagai kondisi kesehatan tanpa efek samping, seperti kelelahan, tekanan darah tinggi, diabetes, penyakit jantung, radang sendi, kolesterol serta diare dan problem pencernaan lainnya.

Tidak ada yang bisa memastikan dari mana manggis berasal. Namun, buah ini diyakini merupakan buah asli kepulauan sunda, gugusan pulau di sebelah barat kepulauan Indonesia. Selain di Indonesia, manggis juga tumbuh di Thailand, Malaysia, dan India bagian selatan. Buah ini juga menjadi mahal karena merupakan salah satu buah yang sulit tumbuh. Tanahnya harus basah, tetapi tidak terlalu basah, juga tidak berpasir atau berlumpur. Kebanyakan pohon tumbuh di hutan hujan, yang di sana kondisinya sempurna. Mereka bahkan mirip tanaman liar di hutan hujan Asia Tenggara. Repotnya lagi, pohon ini butuh 10 tahun untuk berbuah.

           ================== Salam Blogger ===================


{ 2 komentar... Views All / Send Comment! }

the diary mengatakan...

sirsak jg merupakan antioksidan dan mencegah kanker.. btw templatenya ganti nih... hehe.. bagus deh.. :)

Pernak - Pernik mengatakan...

hehehe... ya mbak ganti template. kemaren ada yg komen masalah read more nya berantakan tidak bersahabat, maklum pemotongan pake manual alias pake blogger. pake HTML dah coba tp eror melulu, akhirnya cari template yhg jadi aj. Oh ya makaseh kunjungan n koment nya ya

Posting Komentar

Jangan Lupa Coment dan Kritikannya Demi Kemajuan Blog Ini, "Kami Mohon Jangan SPAM ya" Happy Blogging