Mengenal Buta Warna

Bookmark and Share
Buta warna sebenarnya adalah ketidakmampuan seseorang untuk memdedakan warna tertentu. Orang tersebut biasanya tidak buta semua warna melainkan warna-warna tertentu saja. Meskipun demikian ada juga orang yang sama sekali tidak bisa melihat warna jadi hanya tampak sebagai hitam, putih dan abu-abu saja ( kasus seperti ini sangat jarang terjadi. 

Normalnya, sel kerucut (cone) di retina mata mempunyai spectrum terhadap tiga warna dasar, yaitu merah, hijau, dan biru. Pada orang yang mempunyai sel-sel kerucut yang sensitif untuk tiga jenis warna ini, maka ia dikatakan normal. Pada orang tertentu, mungkin hanya ada dua atau bahkan satu atau tidak ada sel kerucut yang sensitif terhadap warna-warna tersebut. Pada kasus ini orang tersebut buta warna. Jadi warna biasanya menyangkut warna merah, hijau, dan biru. 


Buta warna umumnya diturunkan. Ada juga yang didapat misalnya pada penyakit di retina atau akibat keracunan. Sifat penurunannya bersifat X linked recessive. Ini berarti, diturunkan dari kromosin X. Pada laki-laki, karena kromoson X nya cuma satu, maka berlainan pada satu kromoson X ini sudah dapat mengakibatkan buta warna. Sebaliknya pada perempuan, karena mempunya dua kromoson X, maka untuk dapat timbul buta warna harus ada kelainan pada kedua kromoson X, yaitu dari kedua orang tuanya. Hal ini menjelaskan bahwa buta warna hampir selalu ditemukan pada laki-laki, sedangkan perempuan berfungsi sebagai karier (pembawa sifat, tapi tidak terkena).

Menurut sumber dari wikipedia, pada retina mata normal terdapat dua jenis sel yang sensitif terhadap cahaya. Ada sel batang (rod cell) yang aktif pada cahaya rendah, kemudian ada sel kerucut (cone cell) yang aktif pada cahaya yang intensitasnya tinggi (terang). Singkat kata, sel kerucut inilah yang membuat kita dapat melihat warna-warna, memdedakan warna. Penyakit buta warna ada yang didapat dari faktor keturunan, atau memang kita mengalami kelainan pada retina, saraf-saraf optik dan mungkin ada gangguan pada otak. 

Persepsi yang salah pada masyarakat mengenai penyakit buta warna adalah, bahwa buta warna sama sekali tidak bisa melihat warna, yang ada hanya warna hitam dan putih. Persepsi ini tidak benar karena tipe buta warna yang hanya dapat melihat warna hitam dan putih adalah satu tipe dari buta warna, masih ada tipe penyakit buta warna lainnya. Seperti penyakit buta warna yang hanya dapat melihat varian warna dari campuran merah dan kuning saja (dichromatic), ada yang tidak dapat membedakan warna ketika banyak warna dicampurkan, ada yang tidak dapat membedakan gradasi warna.

Dampak buruk dari penyakit buta warna ini kebanyakan dirasakan saat akan melamar kerja, masuk ke suatu program studi yang memang intensif dengan warna seperti : bidang kimia, teknik, angkatan bersenjata, dokter, arsitektur. Untuk itu, ada baiknya kita mengenali apakah buta warna atau tidak, sebelum ada penyesalan dikemudian harinya....!!

Tanpa memperpanjang lagi... langsung ke TKP saja ya....
  29

 
   56

                                                                             
  45


6


Angka 5 mata normal dan angka 2 mata buta warna


Bagi teman blogger yang terbukti buta warna jangan berputus asa atau frustasi karena kesuksesan teman - teman bukan di tentukan oleh warna tapi ditentukan oleh kemauan dan ketekunan. Salam sukses dan happy blogger...^_^

{ 8 komentar... Views All / Send Comment! }

Unknown mengatakan...

salam sahabat
maaf telat ya,ehm etrnayat buata warna mempunyai efek juga yach oh iya dah saya pasang links Be Your self cahaya lengayang

Unknown mengatakan...

Makaseh ya.. telah pasang link aq mudah2an sukses buat sis...

Suryadewa Bangsat mengatakan...

saya ga buta warna bro yes hihihih .. thanks inponya bro

Unknown mengatakan...

sama2 bro... ehmm beda ma w.. T_T, namun tetap semangat walau beda...hehehe

Macam2 Info mengatakan...

thanks info nya mudah2an bermanfaat

Anonim mengatakan...

Waduh klo ini aku udah test Sob.. soalnya kerjanku kan Ng'gambar grafis jadi klo buta warna susah juga hhe...... thnx 4 share... aku Follow sekalian(Dj Site).. Follow balik ya Sob.. thnx

Unknown mengatakan...

Macam2 info : sep sob mudah2an ada manfaatnya,
Dj.site : dah aq follow balek maaf telat bls nya ru bisa ol skrng.

ever mengatakan...

untungnya saya masih bisa lihat jelas angka angka itu.... mata saya ternyata normal

Posting Komentar

Jangan Lupa Coment dan Kritikannya Demi Kemajuan Blog Ini, "Kami Mohon Jangan SPAM ya" Happy Blogging