Akibat Tidur Terlalu Malam

Bookmark and Share
Salam blogger,
Khusus untuk para pembaca blog ini yang suka bergadang ini artikel sangat wajib untuk di baca karena artikel ini akan menjadi warning buat teman-teman yang suka bergadang. Pusing juga mau panjang-panjang mukadimahnya....heheheh.. langsung baca ya.....





Para dokter di National Taiwan Hospital menemukan kasus seorang dokter muda berusia 37 tahun yang selama ini mempercayai hasil pemeriksaan hati. Selama ini hampir semua orang sangat bergantung pada hasil indeks pemeriksaan fungsi hati (Liver Function Indeks). Mereka menganggap bila pemeriksaan menunjukkan hasil indeks normal berarti semua OK. Kesalahpahaman macam ini ternyata juga dilakukan oleh banyak dokter spesialis. Benar-benar mengejutkan para dokter yang seharusnya memberikan pengetahuan yang benar pada masyarakat umum, ternyata memiliki pengetahuan yang tidak benar. Pencegahan kanker hati harus dilakukan dengan cara yang benar. Tidak ada jalan selain mendeteksi dan mengobati sedini mungkin, demikian kata dokter Hsu Chin Ch'uan. Tetapi ironisnya, ternyata dokter yang menangani kanker hati juga bisa memiliki pandangan yang salah, bahkan menyesatkan masyarakat, inilah penyebab kanker hati sulit untuk disembuhkan.

Saat ini ada seorang pasien dokter Hsu yang mengeluh bahwa selama satu bulan terakhir sering mengalami sakit perut dan berat badannya turun sangat banyak. Setelah dilakukan pemeriksaan supersound baru ditemukan  adanya kanker hati yang sangat besar, hampir 80 % dari liver (hati) sudah termakan habis. Pasien sangat kaget, " Bagaimana mungkin?. Tahun lalu melakukan medical check-up dan hasilnya semua normal. Bagaimana mungkin hanya dalam satu tahun yang relatif singkat bisa tumbuh kanker hati yang demikian besar?". Ternyata check-up yang dilakukannya hanya memeriksa fungsi hati. Hasil pemeriksaan menunjukkan "normal". Pemeriksaan hati adalah salah satu item pemeriksaan hati yang paling dikenal oleh masyarakat. Tetapi item ini pula yang paling disalahpahami oleh masyarakat kita. Pada umumnya beranggapan bahwa bila hasil indek pemeriksaan fungsi hati menunjukkan angka normal berarti tidak ada masalah dengan hati. Tetapi pandangan ini mengakibatkan munculnya kisah-kisah sedih karena hilangnya kesempatan mendeteksi kanker sejak stadium awal.

Penyebab utama kerusakan hati adalah :
  1. Tidur terlalu malam dan bangun terlalu siang adalah penyebab paling utama 
  2. Tidak buang air di pagi hari
  3. Pola makan yang terlalu berlebihan
  4. Tidak makan pagi
  5. Terlalu banyak mengkonsumsi obat-obatan
  6. Terlalu banyak mengkonsumsi bahan pengawet, zat tambahan, zat pewarna, pemanis buatan.
  7. Minyak goreng yang tidak sehat, sedapat mungkin kurangi penggunaannya.  Hal ini juga berlaku meski menggunakan minyak goreng terbaik sekalipun seperti olive oil. Jangan mengkonsumsi makanan yang digoreng bila kita dalam kondisi letih, kecuali dalam kondisi tubuh fit.
  8. Mengkonsumsi masakan mentah juga menambah beban hati.
Kita harus melakukan pencegahan dengan tanpa mengeluarkan biaya tambahan. Cukup atur gaya hidup dan pola makanan sehari-hari. Perawatan dari pola makan dan kondisi waktu sangat diperlukan agar tubuh kita dapat melakukan penyerapan dan pembuangan zat-zat yang tidak berguna sesuai dengan "jadwalnya".
Sebab :
  • Malam hari pukul 9 - 11: adalah pembuangan zat-zat tidak berguna/beracun (de-toxin) di bagian sistem antibodi (kelenjar getah bening). Selama durasi waktu ini seharusnya dilalui dengan suasana tenang atau mendengar musik. 
  • Malam hari pukul 11 - dini hari pukul 1 : saat proses de-toxin di bagian hati, harus berlangsung dalam kondisi tidur pulas.
  • Dini hari pukul 1 - 3 : proses toxin di bagian empedu, juga berlangsung dalam kondisi tidur.
  • Dini hari pukul 3 -5 : de-toxin di bagian paru-paru. Sebab itu akan terjadi banyak batuk yang hebat bagi penderita batuk selama durasi waktu ini. Karena proses pembersihan (de-toxin) telah mencapai saluran pernapasan, maka tidak perlu minum obat batuk agar supaya tidak merintangi proses pembuangan kotoran.
  • Pagi pukul 5 - 7 : de-toxin di bagian usus besar, harus membuang air di kamar kecil.
  • Pagi pukul 7 - 9 : waktu penyerapan gizi makanan bagi usus kecil, harus makan pagi. Bagi orang yang sakit sebaiknya makan lebih pagi yaitu sebelum : pukul 6 : 30. Makan sebelum pukul 7 : 30 sangat baik bagi mereka yang ingin menjaga kesehatannya, lebih baik terlambat makan hingga pukul 9 - 10 daripada tidak makan sama sekali. Tidur terlalu malam dan bangun terlalu siang akan mengacaukan proses pembuangan zat-zat tidak berguna. Selain itu,  dari tengah malam hingga pukul 4 dini hari adalah waktu bagi sum-sum tulang belakang untuk memproduksi darah.
 Semoga artikel ini ada manfaatnya buat para pembaca, salam blogger


{ 9 komentar... Views All / Send Comment! }

jy nubiest mengatakan...

wah bahaya juga y kalo seirn bgadang...
thank for info nya

Zona Indonesia mengatakan...

Waduh... saya begadang terus... mudah mudahan tidak terjadi apa... dan akan segera memperbaiki pola tidur... Peace :)

Taufik mengatakan...

wah saya selama 3 bulan ini saya jarang tidur malm Sob.. saya tidur pagi ampe siang terus, gimana liver / hati saya ya?...

Unknown mengatakan...

hehehe... sama juga sob ane juga tiap malam bergadang, udh kebiasan kyk na gk isa tdr cepat. Kalau di itung mngkn udh 4 tahun brgdang trs. Mudah2an gk terjadi apa2 ma hati ane...

Ahmadsyah mengatakan...

wah iya ya ingat kata bang haji rhroma ( begadang jangan begadang.......

Unknown mengatakan...

hehehe bner jg sob... kt bg haji... yg susahnya gn sob maunya pengen cpt molor tp pas d depan komputer ilang dah ngantuknya jd mau gak mau jd bergadang trs.

Achmad Taher mengatakan...

wah info sgt bermanfaat terutama buat saya yang sering begadang. thanks infonya gan...

uLilalbab mengatakan...

inget lagu nya Rhoma Irama, jgn begadang kalo tiada artinya... kalo sering begadang bikin sakit lever, diabetes, kurang darah, lesu, lemah dll

Try 'Flick' mengatakan...

ane sering banget begadang sob... :(
waw, ternyata mengerikan juga dampaknya...
nice sob...

ane nyaranin ente pake autoreadmore sob, neh linknya... :D
http://tryflick.blogspot.com/2010/09/memasang-auto-read-more-di-blog-anda.html

Posting Komentar

Jangan Lupa Coment dan Kritikannya Demi Kemajuan Blog Ini, "Kami Mohon Jangan SPAM ya" Happy Blogging