Club Sepak Bola Yang Malang

Bookmark and Share
Salam Blogger, sudah lama gak posting akhirnya ketemu juga berita yang lumayan bagus, neh berita saya dapat dari sebuah majalah yaitu tentang club sepak bola yang ada di Indonesia. Kita sama - sama tahu bagaimana citra sepak bola di Indonesia pada saat ini di Nasional maupun di dunia Internasional, persepak bolaan Indonesia sangat jauh ketinggalan dari negara-negara lain hal itu sangat memilukan bagi saya dan mungkin para sahabat juga merasakan demikian. Mau tau apa berita nya langsung lepas landas aja ya.......


Menjelang bergulirnya musim baru, club-club berlomba mendapatkan pemain yang lebih baik dengan harapan bisa meraih prestasi yang baik juga. Untuk mendapatkan pemain yang baik tentu mengeluarkan biaya yang tidak sedikit pula. Sebagai contoh Persiba Balik Papan dan Persija Jakarta yang musim lalu hanya finis di posisi ketiga dan kelima, sementara sekarang malah "ugal-ugalan" dalam membayar pemain baru. Bulan lalu Persiba mengontrak top scorer ISL musim 2009/2010 ( Bersama Bontang FC ) Aldo Baretto dengan harga kisaran Rp. 1,35 Miliar... ehmmm mahal juga ya...:). Dan angka yang sama dikeluarkan Persija untuk mendatangkan kembali mantan pemainnya dari Liga Divisi III Portugal Olhanense, Greg Nwokolo. tetapi Rp. 250 juta diberikan kepada Portugal Olhanense sebagai kompensasi kepindahan Greg ke Persija. Sebab pemain Nigeria itu belum habis kontrak dengan Clubnya.

Club lain yang musim ini mengeluarkan duit dalam jumlah besar untuk membayar pemain adalah Sriwijaya F. Untuk memperpanjang kontrak Keith Kayamba Gumbs manajemen tim berjuluk Laskar Wong Kito itu merogoh kocek sekitar Rp. 1,1 Miliar. Sedangkan untuk mendapatkan pemain PSM dan Persiba asal Korsel, Park Jung Hwang, manajemen SFC membayar Rp. 1 Miliar. Harga dua pemain itu masih diatas pelatih Ivak Kolev yang dibayar sekitar Rp. 850 Juta untuk satu musim. Sementara Persipura, kabarnya mendatangkan Zah Rahan dari SFC dengan banderol Rp. 1,2 Miliar.

Tidak pemain asing yang dibayar mahal oleh beberapa Club di Indonesia. Banyak pemain lokal dan pelatih lokal yang dibayar mahal diatas Rp. 1 Miliar. Striker Bambang Pamungkas misalnya, Persija masih mau membayar pemain yang performanya yang sudah menurun dengan harga 1,1 Miliar. Dan harga itu masih dibawah kontrak Bambang di musim 2008/2009 yang mencapai Rp. 1,3 Miliar. Sedangkan Ismed Sofyan yang sudah dijauhi Timnas kabarnya juga masih dibayar Rp. 1 Miliar oleh Persija. Untuk mendatangkan pelatih Rahmad Darmawan Persija juga mengeluarkan biaya di kisaran yang sama.

Yang jadi persoalan disini, kenapa saya mengangkat berita yang diatas...!! Teman Blogger mungkin sebagian mungkin sudah tahu dari mana datang dana (anggaran) untuk Club diatas, sebagian Club menggunakan dana APBD untuk membiayai Clubnya. Yang jadi pertanyaan apakah pantas dana rakyat di pakai untuk hal demikian, saya rasa kurang pantas... kenapa saya berkata kurang pantas karena uang rakyat seharusnya digunakan untuk rakyat banyak bukan digunakan untuk sebagian organisasi saja, apalagi dana yang dikeluarkan sangat besar. Dan yang lebih mengherankan lagi sudah memakai dana APBD tetapi prestasi Persepak bolaan di Indonesia maju ke belakang... berbeda dengan negara lain yang persepak bolaannya maju ke depan, apakah rakyat tidak kecewa dengan hal itu... saya rakyat Indonesia merasa sangat kecewa dengan hal tersebut dimana sudah menggunakan dana APBD tapi hasilnya tetap mengecewakan. Dan seharusnya Club di Indonesia sudah seharusnya untuk mandiri mencari dana untuk clubnya bukan dari dana rakyat, dan satu lagi yang saya sangat herankan pemain yang dipilih untuk Timnas tidak ada perubahan, yaitu banyak nya pemain yang sepatutnya tidak di pakai tetapi masih tetap masuk Timnas, Indonesia sebenarnya tidak kekurangan pemain banyak pemain yang lebih handal tetapi mereka tidak dapat membela Indonesia di Kanca Intenasional.

Hanya itu unek-unek dari saya dan ke kesalan terhadap sepak bola Indonesia, Salam Bogger.

{ 0 komentar... Views All / Send Comment! }

Posting Komentar

Jangan Lupa Coment dan Kritikannya Demi Kemajuan Blog Ini, "Kami Mohon Jangan SPAM ya" Happy Blogging