Toba dan Krakatau Terdahsyat di Dunia

Bookmark and Share
Salam sahabat,...
.
Alam ini memang penuh fenomena itulah yang terjadi pada krakatau dan toba.Disini saya akan mencoba berbagi informasi buat sahabat tentang beberapa gunung berapi yang ada di Indonesia  yang pernah tercatat memiliki letusan yang dahsyat diukur menggunakan VEI, beberapa gunung tersebut adalah :

1.  Toba Supervolcano ( VEI = 8 )
     Merupakan letusan gunung berapi yang paling dahsyat yang pernah diketahui di planet bumi ini. Dan hampir memusnahkan generasi umat manusia di planet bumi. 73. 000 tahun yang lalu letusan dari supervulcano di Indonesia hampir memusnahkan seluruh umat manusia hanya sedikit yang selamat. Letusan ini tidak bisa di bandingkan dengan apapun yang telah dialami di bumi sejak masa dimana manusia bisa berjalan tegak. Bila di bandingkan dengan letusan Gunung Krakatau yang menyebabkan korban jiwa pada 1883 hanyalah sandawa kecil dari Toba supervulcano. Padahal krakatau memiliki daya ledak setara dengan 150 megaton TNT. Sebagai perbandingan : ledakan bom nuklir Hiroshima hanya memiliki daya ledak 0,015 megaton TNT, dan secara lisan maka daya musnahnya 10.000 kali lebih lemah di bandingkan dengan krakatau.

2.  Gunung Tambora ( VEI = 7 )
      Aktivitas vulkanik gunung merapi ini mencapai puncaknya pada tahun 1815 ketika meletus dalam skala tujuh  pada Volcanic Explosivity Index. Letusan tersebut menjadi letusan terbesat sejak letusan danau Taupo. Letusan gunung ini terdengar hingga Pulau Sumatera ( lebih dari 2.000 km ). Abu Vulcanik jatuh di Kalimantan, Sulawesi, Jawa dan Maluku. Letusan gunung ini menyebabkan kematian hingga tidak kurang dari 71.000 orang.

3.  Maninjau ( VEI = 7 )
     Kaldera Maninjau dibentuk oleh letusan gunung berapi diperkirakan terjadi sekitar 52.000 tahun yang lalu. Simpanan dari letusan telah ditemukan dari distribusi radial sekitar Maninjau membentang hingga 50 km di sebelah timur, 75 km di tenggara, dan barat ke pantai ini memiliki volume 220 - 250 km dan panjang 20 km dan lebar 8 km.

4.  Krakatau ( VEI = 6 )
     Krakatau adalah kepulauan Vulcanik yang masih aktif dan berada di Selat Sunda antara Pulau Jawa dan Sumatera. Nama ini pernah disematkan pada satu puncak gunung berapi di sana ( Gunung Krakatau ) yang sirna karena letusannya sendiri pada tanggal 26-27 Agustus 1883. Letusan itu sangat dahsyat, awan panas dan tsunami yang diakibatkannya menewaskan sekitar 36.000 jiwa. Sampai sebelum tanggal 24 Desember 2004 tsunami ini adalah yang terdahsyat di kawasan Samudera Hindia.. Letusan  Krakatau menyebabkan perubahan iklim global . Dunia sangat gelap selama dua setengah hari akibat debu vulcanis yang menutupi atsmosfer. Matahari bersinar redup sampai setahun berikutnya. Hamburan debu nampak di langit Norwegia hingga New York.

5.  Gunung Agung ( VEI = 5 )
     Gunung Agung terakhir meletus  pada 1963 dan masih aktif, dengan sebuah kawah besar dan sangat dalam yang kadang-kadang mengeluarkan asap dan debu. Dari kejauhan, gunung ini tampak kerucut, meskipun di dalamnya terdapat kawah besar. Pada tanggal 18 Februari 1963 , penduduk setempat mendengar ledakan keras dan melihat awan naik dari kawah gunung Agung. Pada tanggal 24 Februari lava mulai mengalir menuruni lereng utara gunung. Pada tanggal 17 Maret, gunung ini meletus, mengirimkan puing-puing 8-10 km ke udara dan menghasilkan aliran piroklastik yang besar. Arus ini banyak menghancurkan desa-desa, menewaskan sekitar 1500 orang. Sebuah letusan kedua pada 16 Mei menyebabkan aliran awan panas yang menewaskan 200 penduduk lain.

Semoga Artikel ini ada manfaatnya buat sahabat.

{ 1 komentar... Views All / Post Comment! }

budi2610 mengatakan...

Waduh indah banget gunungnya.
Hebat deh buat indonesia.

Posting Komentar

Jangan Lupa Coment dan Kritikannya Demi Kemajuan Blog Ini, "Kami Mohon Jangan SPAM ya" Happy Blogging