Keindahan Pesisir Selatan, Sumatera Barat

Bookmark and Share
Kabupaten Pesisir Selatan dengan ibukotanya Painan, terletak dibagian selatan Provinsi Sumatra Barat, sebagian besar wilayah kabupaten ini berada di sepanjang Samudra Hindia, kondisi ini semakin memperkaya dalam menunjang perekonomian masyarakat, mata pencarian penduduk pun bervariasi yaitu pertanian, perikanan, peternakan dan nelayan. Disamping memiliki potensi budaya dan alam, daerah ini memiliki kawasan lindung hutan tropis sebagai paru-paru dunia dan pulau-pulau kecil yang dapat dikembangkan di sektor kepariwisataan, yakni pulau Cubadak, Bintangor, Marak, Sironjong, Cingkuak, Penyu dan beberapa pulau lainnya. Khusus untuk objek wisata marina Kawasan Wisata Mandeh adalah satu-satunya di wilayah barat indonesia, sebagaimana halnya Papua dibagian Timur dan Menado di bagian Tengah.



Makanan khas Pesisir Selatan antara lain rendang lokan, sate lokan, putu kambang dan masih banyak makanan khas yang akan anda jumpai bila berkunjung di Pesisir Selatan.Di Kambang, berdiri rumah makan yang menyajikan berbagai menu makanan yang bisa membuat anda ketagihan untuk mencicipinya karena hembusan angin yang bersahaja membuat anda semakin lupa dengan kejenuhan dalam pekerjaan.



Seni Tradisional
Seni tradisional masyarakat Pesisir Selatan antara lain : Randai, Tari Pasembahan,,Tari Payung,, Tari Piriang, Tari Rantak Pasisie, Silek (silat), Rabab Pasisie yang banyak mengandung nilai-nilai seni yang tinggi.
                            Tari - Tarian

                                  Silek (Silat)

                                   Randai

                                  Rabab Pasisie


Objek Wisata
Pesisir Selatan kaya akan objek wisata baik itu berupa wisata alam, wisata budaya dan wisata sejarah. Berikut ini merupakan objek wisata yang terdapat di Pesisir Selatan antara lain :

1. Pulau Cingkuak

Pulau Cingkuak merupakan objek wisata Pantai Carocok Painan yang menyimpan berbagai bukti peninggalan sejarah kolonial di Pesisir Selatan yang pada zaman itu merupakan pusat perekonomian dan pelabuhan pantai barat sumatra, di pulai ini ditemui sebuah benteng Portugis dan Prasasti Madam Van Kempen. Pulau ini sangat ramai dikunjungi wisatawan, dan merupakan objek penelitian oleh Balai Arkeologi setiap tahunnya.


2. Kawasan Mandeh

Disebut kawasan Mandeh karena salah satu kampung yang ada di kawasan ini bernama kampung Mandeh, perpaduan wilayah darat, pantai, teluk, laut dan pulau-pulau kecil. Pulau Cubadak merupakan salah satu pulau yang berada dikawasan Mandeh yang telah dikembangkan secara profesional dan dikelolah oleh investor asing dari Italy dengan membangun sebuah resort, objek wisata Cubadak termasuk objek unggulan Pesisir Selatan yang sudah dikenal di mancan negara.



3. Mandeh Rubiah

Rumah gadang ini diperkirakan telah ada sejak abad 14. Pendirinya berkaitan erat dengan Kerajaan Pagaruyung Batusangkar.Ketika terjadi huru-hara di Kerajaan Pagaruyung seorang putri Bundo Kaduang yang bernama Puti Salasiah Pinang Masak melarikan diri dan membangun istana di hilir Batang Lunang. Berhubungan kisah tersebut, diyakini adanya keturunan Mande Rubiah di daerah ini. Latar belakang inilah yang menjadi daya tarik wisata budaya hingga dikunjungi wisatawan, dan terdapat benda-benda peninggalan yang dianggap keramat oleh masyarakat setempat.


4. Pantai Carocok

Pantai carocok merupakan tempat rekreasi pantai dengan laut yang indah yang dilatarbelakangi oleh teluk painan, sangat cocok untuk kegiatan wisata keluarga.


5. Jembatan Akar

Terbuat dari akar pohon yang dibentuk menjadi jembatan dengan lebar 1,5 m dan panjang 25 m, oleh seorang tokoh yang bernama Pakiah Sokan, dan sampai sekarang masih kuat dan kokoh karena akar tersebut makin besar. Dibawahnya terbentang Batang Bayang dengan airnya yang jernih.


6. Air Terjun Bayang Sani

Air terjun Bayang Sani indah terletak di kampung Koto Baru kecamatan Bayang.Air terjun dengan ketinggian hampir 80 puluh meter ini memang sudah sangat terkenal sejak dahulunya.Pada zaman penjajahan belanda, air terjun Bayang Sani ini menjadi tempat mandi-mandinya mener-mener dan nona-nona belanda

7. Pasir Putih Kambang

Terletak di daerah Kambang Kecamatan Lengayang yang merupakan bagian dari Samudera Hindia


Disamping kita dimanjakan dengan keindahan alam di Pesisir Selatan, kita juga akan di sambut dengan ke ramah-tamahan masyarakat di sini. Semoga dengan berkunjungnya dan menikmati keindahan alam daerah ini dapat menghilangkan sesuatu beban pikiran dalam diri kita, baik dalam pekerjaan maupun dalam hal lainnya.

Sumber :













{ 1 komentar... Views All / Post Comment! }

Arez Arthemiz mengatakan...

Pessel memang indah..sayang pengelolaan dan keterbatasan SDM kita tidak mendukung

Posting Komentar

Jangan Lupa Coment dan Kritikannya Demi Kemajuan Blog Ini, "Kami Mohon Jangan SPAM ya" Happy Blogging